Saturday 15 August 2015

Tahapan Mencuci Clodi

Baby R 3 minggu pakai Cluebebe Petite


Saya termasuk strict soal masalah cuci clodi, karena ingin clodi awet dan bisa diturunkan ke adiknya baby R nanti, makanya clodi-clodi yang saya belipun warnanya netral dan tidak condong pada salah satu gender, hehehe
Pernah baca blog atau forum yang bahas clodi, beberapa ibu ibu mengeluhkan insert yang kaku atau bau pesing. Kalau kaku memang pernah saya alami, malah ada yang sampai tipis dan kaku dan saya ga mau pakai lagi karena daya serap berkurang, hiks.
Akhirnya saya selalu wanti-wanti ke orang-orang yang mau bantu cuci clodi saya, inilah tahapan cuci clodi versi saya:

1. Buang air pipis dari insert
Sebelum dicampur untuk dicuci dengan pocket atau cover clodi saya mengumpulkan insert yang sudah terkena pipis dalam satu ember, isi air lalu injek-injek (karena males bungkuk :p) atau peras dengan tangan insert-insert tersebut. Buang air sisa perasan, lakukan lagi. Hal ini dilakukan minimal 2x. Insert adalah kain serap pipis, kalau dicuci langsung bareng sama yang lain apalagi baju bayi, bau pesingnya bisa nempel kemana-mana.

2. Bilas cover atau pocket clodi
Ini optional sih, kadang kalo rajin saya lakukan hal yang sama kayak ke insert tadi ke cover atau pocketnya. Kadang langsung masuk mesin cuci, hehehe.

3. Rendam/cuci di mesin cuci
Rendam clodi dengan detergent, atau masukan mesin cuci. Oh ya, saya selalu mencuci terpisah si clodi ini dengan baju bayi ya atau dengan baju dewasa juga tersendiri nyucinya, saya pakai detergent khusus clodi merk ansav, selama 4 bulan ini saya baru menghabiskan satu setengah bungkus detergent ansav yang berisi 1kg. Jangan pernah pakai detergent bayi seperti sleek, atau detergent berpelembut, pewangi, pemutih untuk clodi, karena akan menimbulkan residu yang bikin insert jadi kaku. Kalau kehabisan ansav saya pakai Attack clean maximizeer atau Rinso anti noda dengan takaran jauh lebih sedikit dari biasanya. Untuk pup, saya selalu pakai liner diatas clodi jadi yang dibersihin linernya dan ga begitu sulit bersihinnya, saya kucek kucek tersendiri dulu sebelum dicampur dengan yang lain, kalau insert atau inner ada kuning kuning bekas pup kucek kucek aja setelah direndam.

4. Keringkan
Saya selalu menggunakan mesin cuci untuk pengeringan, atau memeras walaupun clodi di cuci tangan. Jadi setelah kucek-kucek, bilas, masukin mesin cuci deh buat di spin. Untuk jemur Insert saya selalu gantung berdiri pakai jepit jemuran, saya beli gantungan jemuran khusus di Daiso walaupun di Borma juga ternyata ada yang isinya jepit2 jemuran bergantungan buat jemur insert, atau kaos kaki bayi yang kecil-kecil.

5. Jangan Disetrika
Saya selalu wanti-wanti buat orang yang mau strika clodi, karena itu yang bikin insert saya tipis hiks, apalagi kebiasaan semprot semprot pewangi sebelum setrika itu yang bikin insert kacau. jadi mending setelah dijemur langsung susun clodi dilemarinya tanpa disetrika. Daripada capek-capek nyetrika malah ngerusak kan, hehehe.

-Stripping

Sempet kejadian insert kaku-kaku dan tipis itu, pas saya tinjau ternyata ART salah paham soal penjelasan saya tentang penggunaan detergent, jadi clodi itu selama ini dicuci pakai detergent bayi, dan hanya liner yang kena pup yang dicuci paka Ansav, aaaaaakkk langsung saya minta stripping semua insert, jadi setelah dicuci dengan cara yang benar seperti biasa, clodi di rendam air panas, tunggu sampai dingin, kucek kucek, keringkan jemur kembali.

Kadang saya cuci clodi sendiri, kadang diserbu mertua atau mama saya duluan buat di cuci (saat tinggal di mertua atau di rumah mama) kalau ada ART, ART yang cuci, jadi pengetahuan cuci clodi in semua harus tau, demi keawetan dan keiritan beli clodi di masa depan :p

No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...