Wednesday 12 August 2015

ASI Ekslusif 6 Bulan

Baby R 2 bulan

Bayinya berapa bulan? masih ASI?
Pertanyaan umum yang ditanyakan orang-orang ketika melihat bayi. Kita semua pasti tau kalo ASI (Air Susu Ibu) memang susu terbaik bagi bayi, susu formula terbaik dan termahalpun ga ada yang bisa gantiin bagusnya gizi ASI bagi bayi. Dan banyak fakta-fakta menyusui yang ternyata memang bagus bagi bayi dan ibunya. Kali ini saya ingin cerita pengalaman baby R (Reiko) mendapatkan dalam mendapatkan ASInya dan asupan gizinya sampai sekarang berumur 4 bulan 12 hari.

Sampai sekarang saya selalu bersyukur melahirkan di rumah sakit yang pro-ASI eksklusif ya walaupun banyak suka dukanya untuk ngejar ke-Ekslusif-annya (baca di Baby Blues Story). Pertama kali meyusui setelah IMD dan obeservasi bayi yang dirasain itu perasaan kayak waktu jama SMA suka sama kakak kelas, tau ga perasaan kayak gitu? yang kayak ada kupu-kupu diperut? saya baru tau ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah, katanya menyusui itu bisa meningkatkan hormon oksitosin, hormon yang sama yang bekerja saat seseorang jatuh cinta, lucu juga yah menyusui itu meningkatkan rasa jatuh cinta kita sama bayi, begitu juga sebaliknya.

Kata dokter kenapa bayi kebanyak tertidur setelah diberi ASI, karena ASI punya zat yang bikin bayi ngantuk, tapi ternyata ga terjadi sama bayi aja hormon yang dikeluarkan saat ibu menyusui pun ada hormon santai yang akan membuat ibu juga merasa mengantuk, makanya kadang habis menyusui saya berbaring sebentar untuk beberapa menit buat recharge tenaga lagi, hehehe.

Dari dulu saya suka kalau ngeliat moment moment menyusui, bukan manusia aja tapi hewan juga, karena dulu suka ada kucing liar yang numpang melahirkan di rumah saya suka taroin anak-anak di kardus, dan indung kucing suka masuk kardus buat tidur sambil nyusuin anaknya, indungnya suka merem-merem ketika anak-anaknya berebut susu di perut ibunya, it's so natural anaknya terlihat percaya dan sangat bergantung sama ibunya. Bayi manusia juga suka bergelayut manja kan kalau sedang menyusu, seolah-olah bayinya memberi tanda kalau ga ada ibu saya ga bisa apa-apa, hihihi

Saya ga bisa bilang baby R dapat ASI Eksklusif banget sih, mungkin hampir eksklusif karena beberapa hal, selain karena baby R pernah bapil dan dikasi obat dan vitamin sama dokternya, ada cerita lain yang bikin baby R dapet ASI hampir Eksklusif, ceritanya agak malu maluin dan lucu sih.. tapi saya cerita aja deh buat sharing pengalaman.
Waktu itu saya lagi tinggal di rumah mamah saya, ceritanya saya sakit perut ga tertahankan pas banget baby R bangun dari tidurnya dan langsung pengen mimik ASI, saya bingung mana yang harus diduluin, ke toilet atau nyusuin. Karena keliatannya masih bisa anteng mamah nyuruh saya ke kamar mandi aja biar baby R digendong mamah dulu biar lupa buat pengen mimik, lari lah saya ke toilet, setelah di toilet taunya baby R nangis dan pengen cepet-cepet mimik ASI nangisnya makin kenceng dan ga bisa dialihkan perhatiannya akhirnya mamah yang panik nyendokin lah air putih ke baby R katanya biar tenggorokannya ga kering banget, "kasian pasti dia haus banget sampai nangis gitu" Saya taunya ASI ekslusif itu bayi ga dikasih apapun selain ASI, sambil marah-marah saya kasih tau mama kalau baby R sekarang ga lolos ASI ekslusif, tapi kalo dibayangin lagi sekarang ceritanya jadi bodor aja bukannya sedih, toh sampe sekarang makanan pokok baby R masih ASI, hihihi. 

Dan kejadian ini terjadi juga sama anak kakak saya yang baru punya anak bulan Juli kemarin, jadi kakak saya yang laki-laki ingin bawa istrinya keluar, sedikit jalan-jalan saat bayi tidur dengan estimasi bayi baru bangun 2 jam kemudian, ternyata belum sampai 2 jam bayi sudah bangun karena ternyata waktu bayi tidur itu belum sempat disusui tapi keburu tidur. Bayi baru lahir itu nangis lah menjerit-jerit kelaparan, mamah air putih panik dan akhirnya nyendokin air putih lagi walaupun tau hal itu akan menghilangkan ke-ekslusifan asupan ASI. Istri kakak saya kecewa karena tau persyaratan ASI ekslusif, tapi ya mungkin itu memang resiko meninggalkan bayi ya, ide mamah memang cukup bikin bayi berhenti nangis beberapa saat. hehehe

Baru baru ini ada iklan di tv soal ASI, jadi yang disebut ASI eksklusif itu tanpa makanan pendamping, seperti bubur atau biskuit bayi. Tapi ya bebas sih bu ibu merepresentasikan ASI ekslusif itu bagaimana, kalau saya yang penting ASI masih jadi makanan pokoknya dan insha Allah ingin sampai 6 bulan baru dikasi MPASI dan ASI tetap diberikan sampai 2 tahun seperti yang ada dalam Al-Qur'an. Amiiinnn..


No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...