Monday 27 April 2015

Melahirkan normal induksi

Bismillahirohmanirohiim,

Akhirnya saatnya saya bisa share tentang pengalaman melahirkan saya, hari yang ditunggu-tunggu dan pengalaman setelahnya yang lupa saya persiapkan mentalnya yaitu merawat bayi, sempet kena babyblues juga karena ga bisa tidur selama kurang lebih 5 hari, tapi akhirnya saya bisa tidur dikit-dikit dan bisa terima kalau punya bayi itu emang ga bisa tidur seenak waktu hamil, mungkin cerita babyblues saya post di postingan berbeda ya, sekarang kita bahas pengalaman melahirkan yang saya alami, hehe.

Sabtu, 28 Maret 2015
Berawal dari kontrol mingguan ke dokter yang menyatakan kalau dedek udah turun panggul, seneng banget dipikir dalam waktu dekat udah bakal kerasa mules-mules terus lahir deh.. ternyata bayi udah masuk panggul bukan berarti langsung mau keluar juga. Dokter nyaranin buat cek darah biar pas lahiran ga perlu cek darah lagi. Di hari ini udah kerasa mules tapi belum teratur, malemnya juga perut kenceng-kenceng, mungkin ini efek euforia turun panggul, ga ada yang teratur jadi masih belum berfikir ke rumah sakit.

Minggu, 29 Maret 2015
Sibuk melakukan aktifitas yang dapat memicu kontraksi alami, mumpung suami masih di Bandung kan kalo mules-mules suami ga perlu bolak balik lagi, tapi ternyata bukan hari ini, suami berangkat ke Jakarta sambil harap harap gemas. Mules-mules kadang kerasa tapi ga teratur jadi masih nunggu aja di rumah.

Senin, 30 Maret 2015
Di rumah seperti biasa melaksanakan aktifitas jalan pagi, kali ini jalan paginya agak gemas lebih lama dan lebih cepat, ditambah gerakan berdiri jongkok yang sering sampe joget joget belly dance yang katanya bisa mancing kontraksi juga dilakuin (itu sih karena nemu lagu yang asik aja buat joget-joget :p). Siang nemuin sedikit banget air bening di celana dalem, iseng tempelin kertas lakmus, dan kertasnya berubah warna jadi biru, penasaran konsul deh ke bidan di rumah sakit, walopun sedikit ragu dan minta pendapat dokter lewat sms dan bbm akhirnya disarankan untuk cek ke rumah sakit. Malam itu juga ke rumah sakit untuk cek.

21.30
Cek kertas lakmus sama bidan, tapi ceknya bukan ala amatir macem saya yang cuma nempelin basahnya celana dalem ke kertas, ini kertasnya dimasukin ke vagina, pake tangan, di ubek ubek -,- ternyata kertas lakmus ga berubah warna, bidannya bingung apa bener ada rembesan atau ga, saya juga bingung.. apa kertas lakmus bisa berubah warna kalau bukan karena air ketuban? siang tadi apa ya? tapi dikit banget juga sih, kayaknya belum rawan juga, pikir saya. Rasanya ingin pulang saja dan melakukan aktifitas yang memancing kontraksi alami lagi, tapi bidan mau cek rembesan ketuban dengan cara yang lebih "mendalam" yang ternyata masih juga tidak ditemukan rembesan tersebut. Kata bidan mungkin itu keluar sedikit waktu siang aja.

22.30
Berdasarkan konsultasi bidan dengan dokter melalui telepon, dokter minta cek rekam jantung bayi atau CTG, selama 30 menit detak jantung bayi dipantau pergerakannya dengan output berupa grafik yang di print-out, hasilnya menurut bidan kurang bagus, bidan tanya apa saya sudah makan apa belum, saya bilang sebelum ke rumah sakit saya makan dulu. Lalu saya disediakan makanan lagi dan diminta cek lagi, ini agak makan waktu lama sampai 3 kali cek, hasil rekaman menunjukkan pergerakan bayi kurang bagus, sirna deh harapan pulang malem itu. Sayapun telpon suami buat berangkat ke bandung malam itu juga.

1 April 2015
Saran dokter yang disampaikan oleh bidan kalau hasil CTG masih kurang bagus juga bayi harus segera dilahirkan hari itu juga, salah satu cara mempercepat cara lahiran adalah dengan metode induksi. Agak takut dengan induksi, katanya mulesnya berkali lipat dari normal biasa, tapi berhubung ini anak pertama jadi saya belum punya perbandingan, selain itu juga kasian bayinya kalau ga segera dilahirkan katanya supply oksigen dan makanan udah ga diterima dengan baik sama bayi. Sekitar waktu ba'da subuh dokter dateng dan menjelaskan lagi maksud dari sarannya, beliau observasi lagi melalui USG untuk memastikan kalau proses lahiran hari ini memang dibutuhkan. Bukaan masih bukaan 1 tapi longgar, akhirnya saya terima apa aja saran dokter yang terbaik.

06.30
Suami sampai dari jakarta pada saat metode induksi pertama akan dilakukan, yang dilakukan adalah induksi balon, semacam karet balon berisi air dimasukan ke lubang vagina, jangan tanya sakitnya ya berhubung udah pasrah dengan apa aja yang dilakukan diubek-ubek lagipun terima-terima aja, jadi selain cek pembukaan metode ubek-ubek vagina dilakukan untuk induksi dan cek ketuban semalam. Ternyata metode balon ini bisa dibilang gagal, ga tau kenapa ada air ngalir dan waktu pipis balonnya lepas, harapannya dengan metode itu bisa sampai pembukaan 5, tapi ternyata di bukaan 3 udah gagal.

09.00
Karena induksi balon gagal, akhirnya pasang induksi infus. Disini baru kerasa deg-degan katanya ada yang sampai 2 labu ga kerasa mules atau pembukaan ga nambah bisa berakhir di caesar. Mungkin karena emang saya sudah punya mules walaupun ga teratur belum sampai 5 menit infus induksi dipasang mules-mules mulai kerasa, suami diajarkan cara pijit tulang punggung bawah oleh bidan untuk mengurangi sakit mulesnya, disini saya masih takabur "ohh begini toh mulesnya, masih bisa diatasi dengan pijit dan pola nafas senam hamil".

12.00
Sampai saya dipindah ke ruang VIP dan disuruh makan siang dalam keadaan mules-mules saya udah ngerasa ingin ngeden sedikit-sedikit, trus saya tanya "ini bukaan berapa ya? kok udah pengen ngeden?" setelah cek VT bidannya bilang baru bukaan 4, disitu saya kesel.. yaampuun mules udah lama dan pengen ngeden gini baru bukaan 4?? bidannya bilang "rileks aja bu jangan tegang, kalau tegang dedeknya susah cari jalan keluarnya jadi bukaan ga nambah banyak" akhirnya saya minta suami matikan suara televisi, redupkan lampu dan pasang musik instrumen yang selama ini suka saya pakai buat relaksasi meditasi, saya mencoba tenang dan terus mengatur nafas seperti yang sudah diajarkan di senam hamil, perasaan ingin ngeden makin kuat, ini yang paling menyiksa, pengen ngeden tapi ga boleh ngeden saya makin meronta-ronta sambil atur nafas sempet ga sengaja ngeden terasa ada air keluar saya kira pecah ketuban taunya kata suami itu darah yang keluar. Saya terus diingatkan untuk satu tarik nafas dan keluarkan terputus-putus untuk menghilangkan rasa ingin ngeden, tapi susah saya cuma bisa teriak "ini bukan mau saya.. ini otomatis ngedennya.. ga sengaja" setiap ga sengaja ngeden cuma bisa bilang "astagfirulloh..astagfirulloh.." buat lebih fokus saya baca "laila ha ila anta subhana ka inni quntum minald dzolimiin".Saya sempet liat beberapa bidan muda malah meringis ngeliat saya, ternyata saya baru sadar saya ditontonin banyak bidan muda, mungkin mereka diajak "nonton" sambil belajar kali ya, mumpung ruangan tersendiri jadi mau banyak orang masuk juga ga ganggu orang lain.

14.00
Bukaan bertambah menjadi bukaan 6 ga lama jadi bukaan 9, disitu saya masih belum boleh ngeden juga, kesel rasanya kan udah dikit lagi 10, boleh aja sih.. akhirnya saya teriak "mana dokternya?" karena saya terlihat ga bisa nahan ngeden terus akhirnya aliran induksi di stop dan saya ngerasa agak menurun tingkat tekanan ingin ngedennya walopun tetep ingin, ga lama dokter dateng dan tanpa VT lagi saya langsung boleh ngeden (ni artinya apa coba?), ngeden kurang lebih 4 kali akhirnya lahir juga Reiko Maritza Cetta Munsyarif hari Rabu 1 April 2015 jam 14.28 di RSIA Hermina Pasteur dengan berat 2,4kg tinggi 47cm. Bayi dibersihkan sebentar dan langsung IMD, bayi ini emang lahir kecil tapi pas IMD dia langsung diarahkan di puting saya dan menghisapnya kuat sekali, padahal saat itu ASI saya belum keluar, seneng rasanya begitu liat bayi mungil lucu diatas dada saya, sambil ngerasain sedikit celekit celekit jaitan, ternyata tenaga saya habis dan ga bisa fokus atau bangun kayak abis pakai narkoba (walopun ga tau pake narkoba rasanya gimana) pokoknya perasaan ada di alam mimpi, berusaha terus sadar dengan tenaga minim, mungkin ini efek induksi. Ternyata obat induksi hanya habis sepertiganya dan harus dihabiskan walaupun saya udah lahiran, perasaan tekanan itu masih ada tapi ga sekuat waktu masih ada bayi di dalem perut.

Reiko Maritza Cetta Munsyarif


Induksi sempet bikin saya trauma selama di rumah sakit, setelah melahirkan saya coba tidur karena mengingat saya ga tidur semaleman efek induksi masih ada dan yang diingat adalah masa masa proses pembukaan dan nahan ngeden terus, sempet mikir kayaknya ga kuat kalo nanti harus kayak gini lagi buat anak kedua, apa saya anaknya cukup satu aja ya? dan pikiran sebagainya yang bikin saya ga bisa tidur sampai saudara-saudara datang menjenguk.

Tapi sejauh ini saya puas dengan cara kerja dokter Evi Arijani, beliau ga asal ambil tindakan semuanya di observasi sampai benar-benar jelas baru mengambil keputusan dan menjelaskan alasan-alasan tindakan yang beliau ambil, jadi saya terima dengan baik saran-sarannya. Alhamdulillah suami juga sempet nemenin masa-masa sulit sampai dia sadar susahnya jadi ibu, itu tujuan saya keukeuh pengen ditemenin dia pas lahiran biar dia tau suka dukanya melahirkan, hihihi untung suami saya bukan tipe yang traumaan :p

9 comments:

  1. terharu bgt deh baca ceritanya.. ampe beneran pengen nangis.. sehat2 baby n mom nya ya,,,

    ReplyDelete
  2. @Kenia Hangguna Terimaksih Kenia, amiiin.. segat selalu untuk Kenia dan keluarga juga :)

    ReplyDelete
  3. Selamat yaaaa.. atas kelahiran babynya :) nyasar ke sini pas lagi searching tentang Hermina.. ehhh ternyata sama-sama tinggal di Cimahi :)

    Semoga Reiko sehat terus yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo pipit, terimakasih ucapannya, maaf nih lama balesnya, semoga informartif ya post tentang Hermina, hehehe. Amiiinn.. sehat selalu buat Pipit :)

      Delete
  4. Halo mommy..mau tanya2 ttg asuransi telkommedika boleh?hehe,itu dicover semuanya atau gimana?pas check up per bulan jg dicover semua kah?makasih byk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Nur Zahra,kalau asuransi telkomedika itu biasanya ada plafonnya masing masing ya di tiap posisi. Untuk Hermina pasteur ini saya check up reimburse, tapi istri dari teman teman suami saya yang check up di Hermina Jakarta katanya di cover semua, jadi tergantung kebijakan rumah sakitnya lagi,heuheu. Untuk melahirkan saya mendapatkan plafon 10jt dan selebihnya bayar pribadi, bisa kok di cek ke rumah sakitnya kita dapet cover melahirkan berapa.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Hai mba, itu pas lahiran dokter Evi nya udah datang belum? karena mba teriak mana dokternya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mba.. dokter memang datengnya pas mau pembukaan 10 aja :))
      Selebihnya sama bidan tapi tetep konfirmasi ke dokter setiap ada perubahan atau keputusan tindakan.

      Delete

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...