Friday 14 August 2015

Menidurkan bayi

Balada ngerawat bayi emang banyak ceritanya dan banyak pro-kontranya
Pakai popok kain traditional, popok sekali pakai, atau clodi
ASI atau sufor
Makanan bayi instant atau buat sendiri
Sampai menidurkan bayi dalam gendongan atau tidak 
Dan masih banyak lagi ya sebenernya yang jadi bahasan dalam merawat bayi, apalagi tinggal sama orang tua atau mertua belum kalau ketemu atau dikunjungi saudara-saudara yang berpengalaman lebih dulu pasti kena pendapat terus, emak emak amatir pasti dianggap belum bisa dan awam padahal emak-emak amatir jaman sekarang punya internet yang ngasih banyak informasi kan, hihihi (pembelaan)

Kita mengenal istilah "bau tangan" katanya bayi yang biasa di eyong (menidurkan bayi dengan cara mengayun-ayunkan badannya dalam gendongan) akan bergantung terus dan selalu ingin di lakukan dengan cara yang sama setiap ingin tidur. Dan kalau orang tua tau bayi kita seperti itu, mereka panik dan menganggap hal itu tidak baik. Percaya? saya kurang percaya karena hal ini terjadi sama baby R. Waktu baby R awal awal lahir kan dia sangat rewel, atau kalau malam sulit tidur, sering kita eyong supaya dia bisa tidur, pernah kejadian saat kita naro dia di box atau kasur dia bangun dan menangis, sempat tidur sebentar dan bangun lagi sambil nangis, terus orang-orang menjudge dia bau tangan -,-

Kalau menurut saya semuanya tergantung mindset ibu atau orang yang merawatnya, ketika kita bilang dia bau tangan berarti setiap mau menidurkan kita eyong dan jadilah yang bau tangan itu emaknya  atau orang yang ngerawatnya. Karena istilah bau tangan keluar dari pikiran kita bukan dari bayinya, kita cuma menerka-nerka maunya bayi bukan yang sebenarnya terjadi pada bayi.

Baby R satu setengah bulan


Baby R bisa tidur dengan macam-macam cara, tidak harus selalu di eyong dan di eyongpun bukan hal yang buruk! Kebanyakan orang menghindari menggendong anaknya agar tidur dengan cara menyusuinya sambil tidur, ketika bayi tertidur setelah menyusui bu ibu tidak berani menggerakan bayi sedikitpun dan turun dari kasur pelan-pelan agar bayi terus tertidur tanpa membuka mata sedikitpun, hihihi. Sepengalaman saya sebagai ibu baru selama 4 bulan ini, cara tidur bayipun berkembang seiring bertambahnya usia bayi.
Waktu baby R tidur dalam gendongan dan menangis saat disimpan, saya gendong berdiri lalu keluarlah suara "burp", ternyata ada udara yang mengganggu tubuhnya ketika dia tidur mendatar, kalau di gendong kan kepala bayi lebih tinggi dari badan, setelah selesai sendawa dia akan kembali mengantuk (kadang ngga sih, itu artinya dia belum mau tidur aja kayaknya), kalau waktu baru lahir sih malem emang susah tidur ya, hehehe.
Baby R bisa "menangkap" ngantuk dan tidur sendiri tanpa di eyong atau di stimulasi apapun, kalau dia udah kenyang, tidak terganggu apapun panas atau dingin udara, dan tidak pup, biasanya saya taruh di box, atau di kasur, mungkin buat orang lain akan menyangka dia tidak mau tidur, tapi ada perilaku dia yang saya pikir "dia sudah mau tidur" seperti matanya mulai sayu, mengenyot tangan (bukan selalu berarti lapar), ngoceh ngoceh, saya diamkan beberapa saat, kadang agak lama ya bisa sampe setengah jam sampe dia betul-betul tidur.
Kadang saya nyalakan musik di box dan putar boneka yang menggantung diatasnya juga bisa buat dia tertidur.
Ditaruh di bouncher sambil ditinggalin juga baby R suka ketiduran.
Karena saya belum bisa dan belum biasa menyusui sambil tiduran, setelah menyusui kalau saya taruh di kasur dia masih melek, saya tepuk-tepuk lembut badannya lama-lama baby R juga tidur.
Di mobil pastinya gausah diapa-apain juga biasnya tidur ya, tapi kadang baby R malah ga tidur karena tertarik sama pemandangan luar mobil, hahaha.

Tapi semuanya balik lagi ke sifat bayi sih, dari sudah ingin tidur apa belumnya, kenyamanan pada badannya (kepanasan atau kedinginan), kondisi popok, dll. Yang jelas istilah bau tangan itu gimana mindset ibunya, kalau kita anggap dia bau tangan maka kita akan selalu menidurkan dia dengan cara itu. Trus kalau kita selalu menidurkan dengan cara menyusui apa ya namanya? bau susu? :p

No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...