Monday 10 August 2015

Cloth Diaper Action (Review Clodi)

Berhubung baby Reiko lahir dengan badan yang kecil banget, belum mungkin buat langsung pake cloth diaper, pasti bakal bulky dan kasian sama kaki kecilnya, jadi untuk 3 minggu pertama Reiko pakai popok kain biasa, tapi saya lapisi liner yang menjadi asesoris clodi, disini liner sangat berfungsi, selain halus untuk pantat bayi, buat bersiin pup jadi lebih gampang, tinggal di semprot air pup Reiko yang bertekstur pasta gampang pergi, sisa nodanya tinggal di kucek kucek deh. Kalau lagi tidur, saya suka alasi alas ompol yang dilipat 4 atau prefold, jadi ga basah kemana-mana pipisnya, ini yang buat Reiko ga bangun dan mikunya yang harus rajin cek apa popoknya udah basah kena pipis atau belum. Jadi selama pake popok, daerah pantat Reiko selalu dialasi alas ompol atau prefold sebelum kain bedong, biar ga langsung basah kemana-mana kalau pipis. 
Sampai berat Reiko mencapai 3,2kg saya coba pasangkan clodi newborn, dan ternyata cukup, horeee mikunya ga capek lagi cekin pipis Reiko kalau lagi bobo, dan Reiko bisa di boboin dimana aja tanpa takut basah kemana mana, hehehe. 

Newborn Clodi

Cluebebe coveria petite
-Model: Cover velcro
Cutting: Insertnya tebal, waktu dan agak lebar, mungkin karena baby Reiko kecil ya jadi kesannya gede aja walopun ga bulky.
-Daya tahan: soal ketahanan buat newborn 2-3 jam, karena baby Reiko mimi ASInya banyak, otomatis pipisnya banyak juga. Kadang cover bagian pinggang dan paha ikutan basah jadi harus ganti juga deh covernya.
-Additional Info: Clodi khusus newborn dari cluebebe dibuat cover, karena intensitas pup masih sering jadi kalo keburu kena pup dan ga meleber kemana-mana tinggal ganti insertnya. Karena saya selalu pakein liner kadang kalo pup cuma kena liner dan insertnya belum basah banget saya ganti linernya aja. 


GG lil G
-Model: Cover velcro
-Cutting: GG ukurannya lebih kecil dari Cluebebe insert juga lebih tipis jadi lebih pas buat kaki baby Reiko yang trim
-Daya Tahan: Saya sempet ga yakin apa ini bisa menyerap ompol dalam waktu lama atau tidak tapi ternyata bagus bisa sampai 2-3 jam juga, memang lebih mudah tembus kalau udah penuh, bukan ke karetnya aja tapi ke daerah pantatnya juga dalam jangka waktu yang sama dengan Cluebebe. 
-Additional Info:Saking tipisnya insert bisa kita pasang double biar lebih tahan lama, tapi ya karna masih sering pup emang bakal sering diganti juga insertnya.

All size clodi

Babyland
-Model: Cover snap
-Cutting: awal awal memang terlihat kebesaran tapi seiring bertambah panjang dan berat baby Reiko sekarang ngepas ngepas aja di setting ukuran M.
-Daya Tahan: Insert Bbabyland yang dipakai yang bahan bamboo terkenal punya daya serap tinggi, daya tahan bisa sampai 6 jam lebih buat insertnya jadi kuyup dan pahanya kena basah, ini dipakai lama baru pas umur 3 bulan keatas, sebelumnya dipakai cuma 3-4 jam.
-Additional Info:Karena bentuknya cover kaadang saya masukin insert cluebebe, karena daya tahan covernya lebih bagus, belum pernah bocor di daerah pantat kayak cluebebe, hehehe Katanya sih insert bamboo susah keringnya, tapi kebetulan di rumah lagi sering panas, jadi kering kering aja tuh. hehehe. 

GG Original
-Model: Pocket velcro
-Cutting:Kalo pake insert yang ada masih kegedean dan kalo di set ukuran M insert nyembul keluar, jadi di umur Reiko 4 bulan ini dengan berat 6,6kg insertnya dipakein yang cluebebe petit yang dulu pernah di beli banyak, lumayan jadi trim dan enak dipakein ke babynya.
-Daya Tahan: dicoba paling lama dipake itu dari abis mandi pagi sekitar jam 9 sampai mau mandi sore sekitar jam 4 baru ganti, paha kiko agak lembab karena basah dari clodi tapi ga sampai bocor keluar
-Additional Info: ada double leg gusset tapi ini yang bikin masukin insertnya jadi agak ribet, tapi enak enak aja sih.

Cluebebe Pocket
-Model: Pocket velcro
-Cutting: insertnya masih dimasukin insert yang petit dengan ukuran S, pas dan enak buat bayi yang ga terlalu gemuk.
-Daya Tahan: suka sama daya tahannya cluebebe ini karena belum nemu bocor atau lembab lewat manapun Dipakai bisa sampai 9 jam dari tengah malem ganti sampai nunggu mandi pagi, lapisan PULnya juga lebih lemes, dan lentur, sama dengan GG sih, tapi daya tahan lebih oke.
-Additional Info: termasuk clodi favorit saya karena pas di paha baby Reiko yang ga terlalu besar, tempat masukin insert juga bukan di pinggang belakang yang bisa bikin bocor tapi di depan dan ada inner tambahan buat nutupin insertnya,ga punya double leg gusset. Masukin insert microfibernya lebih mudah.

SgBum
-Model: Pocket snap
-Cutting: Ini saya suka karena cuttingnya pas walaupun ga ada double leg gusset
-Daya Tahan: Sama okenya dengan cluebebe
-Additional Info: Brand Singapore, termasuk yang favorit juga, insertnya microfiber. 

Ecobum
-Model: Pocket Snap Minky
-Cuting: tadinya saya berharap banyak, tapi ternyata bulky banget di baby Reiko, mungkin cocok buat bayi berpaha besar
-Daya Tahan: Sama dengan GG sih, walaupun bisa sampai 7 jam tapi basah di paha.
-Additional info: saya pakei insert SgBum karena dapet dua, insert bamboo bawaannya panjaaang banget harus dilipet2 dan malah bikin makin bulky.

Ecobum pant:
-Model: Snap Pant
-Cutting: pas sih, tapi kok bahannya agak keras gtu ya kurang flexibel buat Reiko.
-Daya Tahan: Bisa lama juga bisa sampai 7 jam lebih dan ga bocor, cuma ga suka bahannya aja kurang enak dipakeinnya.
-Additional Info: Insert bamboonya ga keras juga ga selentur bamboo babyland, kalau di kucek keras gitu.

PemPem
-Model: Cover Velcro
-Cutting: Pas di Reiko, mungkin memang cocok dengan cutting kecil ya karena baca baca blog buibu lain bilangnya pempem ini kecil.
-Daya Tahan: Sebenernya lama juga kayak Cluebebe, tapi kalo lupa "ngakalin" tem[ay masukin insertnya bisa bocor lewat situ tuh.
-Additional Info: Insert Microfibernya enak lentur, lebih enak masanginnya.

Sejauh ini semua clodi yang dibeli belum ada yang mengecewakan, kecuali waktu saya tau PRT rumah salah paham soal detergen cuci, awal-awal dia malah cuciin pake detergent bayi merk Sleek yang katanya kalau ke baju bayi lembut banget, tapi kalau ke insert ngancurin daya serapnya, akhirnya saya kasih tau yang benar, dan menstripping inser-insert, daya serap alhamdulillah kembali lagi. hehehe


7 comments:

  1. perasaan ecobum bahannya lembut, mgkn maksudnya ecobum pant yg keras di bagian elasticnya ya, tp elastic pant mmg spt itu bahannya spt elastic mikiwili pant. klo insert ecobum pant bukan bamboo tapi combo hemp mmg daya tampungnya bagus banget g bocor, memang beda jenis bahan insertnya, hempnya bagus ko kaya blueberry, IMHO sama hemp mikiwili masih bagusan ecobum, serat hemp mmg lebih keras serta terasa berserat (ga lembut) kliatan serat2 raminya. Kalo bamboo babyland mmg lebih lentur karena sebenernya itu insert mikrofiber yang diluarnya dilapisi bahan fleece carcoal bamboo (bamboo yg dibakar mjadi serbuk nano berwarna abu2), jd klo dibilang bamboo jg bukan krn aslinya mikrofiber dilapis fleece so ga heran klo lebih cepet kering kalo dijemur dibandingkan bamboo cotton ecobum, blueberry, eugine baby dll. Inner fleecenya tipis pupnya suka nyelip ke pori2 repot bersihinnya.

    klo bayinya masih 3kg kayanya belum cocok pake clodi yg pant, mgkn idealnya klo dah 4atau 5kg keatas atau lbih dr 3bulan umurnya tergantung postur baru dipakein ecobum pant, diantara pant merk lainnya, IMHO clodi ecobum sepertinya yg paling slim.

    Ecobum snap minky bamboo kan 1 paket dapat 2 jenis, yg regular/ short dan long 3 folded bamboo kaya blueberry, jd klo buat newborn cukup pake satu insert yg short aja, 4 lapis. klo yg long kan dilipat jd 6 lapis tentu bulky dan kebesaran.

    klo clodi onesize dikenakan ke bayi berat 3kg mmg biasanya masih agak kebesaran, tp kembali kpd postur bayi jg. jika dibanding merk onesize pocket import china lainnya, clodi ecobum yg lebih kecil dan slim cuttingnya. sebenernya g terlalu masalah klo buat newborn sampe 2bulan krn blm lasak banyak gerak, cuma terlentang aja.

    ya betul kudu diakalin karena pocket pempem ga ada flap spt ecobum jd insertnya suka ngablak so insert suka nempel dan rembes basah ngenain kulit bayi klo innernya melorot, pas masang kudu jeli isertnya disarungin dlu sama kelebihan inner suedenya, mirip bgt kaya masang insert blueberry krn pocketnya jg ngablak. kalo cutting menurutku pempem ni lebih besar ukurannya dr cluebebe tp krn pake closure velcro jd lbh enak ngepasinnya ke badan anak drpd tipe snap dan kliatannya pas.

    klo cluebebe kurang sukanya di inner fleecenya agak lama nyerep dan suka rembes di lingkar jahitan paha, mgkn kalo masih 3 kg pipis blm terlalu banyak, tp kalo dah diatas 6bln baru dpake 2 jam rembes,meskipun double insert. Insertnya agak kaku dan terlalu panjang. kurang suka dengan insert mikro baik pempem, cluebebe atau babyland krn mikro lebih mudah pesing dan bikin ruam, biasanya stlah pmakaian 3 bulan atau lebih.

    btw soal SgBum ini sebenernya buatan China tp pemilik merk dan pendesainnya orang singapura krn di clodi labelnya tertulis "Designed by SgBum in Singapore. Manufactured Conscientiously in China", sama kaya ecobum desain indonesia krn pemilik merk dan pendesainnya org indo tapi pabriknya china.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Maya, terimakasih atas infonya.. kayaknya udah expert banget nih soal clodi :))
      Sejauh ini masih sesuai opini pemakaian sendiri aja, dan menurutku clodi itu cocok2an sama baby dan ibunya (yang makeinnya), hehehe
      R walktu dipakein yang pant beratnya diatas 5kg, mungkin karena bentuk badannya trim ya, bukan tipe baby gemuk yang tembem2 lucu gitu :D
      Saya jarang review inner karena selalu pakai liner lagi, jadi sejauh ini buat bersiin pup terbantu sama keberadaan liner, kecuali soal inner gusset ya, kayaknya semua merk emang agak peer bersiin bagian situnya, cuma butuh waktu rendem aja sih, hehehe

      Delete
    2. ga expert ko mom resky, cuma kebetulan anak2 pke merk2 itu dan CD-an dah bertaun2 lamanya jd apal bgt, he.. ya yg namanya inner gusset emg PR nya bersihin noda pup yg nyelip merk apapun itu, tp klo pake liner lg otomatis inner gussetnya ga kepake dong ya secara kan si inner bakal ketiban sama liner so pke inner gusset or ga sebenerny jd g ngefek.

      btw, suka sama blognya mom, cantik.

      Delete
  2. pant ecobum bagus ko bahannya say, malah lebih bgs dr mikiwili yg harganya lbh mahal, yg agak keras apanya? mgkn maksudnya bagian elastic pinggangnya ya? klo pant, memang model karet pinggangnya seperti itu, sama spt mikiwili pant, mgkn krn babynya msh kecil ya, coba ditunggu gedean dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Grace, iya nih baru coba pant yang ecobum aja jadi bisa review yang itu aja, mungkin karena bentuk badan R yang trim jadi sisa karetnya banyak sisa ke perutnya buat yang pant, sekarang yang pant seringnya dipake buat berenang (tanpa insert), karena belum sempet beli clodi khusus berenang :)

      Delete
  3. Halo mom Resky, liquid detergent biasanya berupa konsentrat so biasanya disarankan dosis/takaran pemakaiannya lbh sdikit dr detregen bubuk biasanya, oki biasanya konsentrat menyisakan banyak residu tp g tau ya kalo sleek baby gimana krn di web resminya kino.co.id mereka ngeklaim kalo sleek "tidak menyisakan residu", menurut saya agak aneh. Kalo mengandung pelembut akan menyebabkan repellent/ menolak air, fenomenanya spt air di daun talas sehingga cairan tidak bs menyerap dengan baik dan mnyebabkan clodi bocor.

    Udah coba mencuci clodi pake ecowash? bola cuci pengganti deterejen clodi, ampuh menghilangkn bau pesing dan apek, bisa dipake dengan tambahan sdikit detergen atau tanpa detergen. nyuci clodi jd praktis dan enteng.

    Btw, soal pant ecobum, setting pinggangnya dan rise snapnya dah disetting size terkecilkah mom?

    ReplyDelete
  4. Nyambung ya mom, q pake ecobum pant nih, kl pake ecobum pant pasti aja hati gak tenang, soalnya suka merah2, terus dibagian paha juga suka merah, ini q yg kurang paham apa,emg g cocok y mom?, trus lingkar perutnya juga g pas di baby azzaky nih, bingung

    ReplyDelete

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...