Wednesday 29 April 2015

Baby Blues Story

Cerita tentang mental yang lupa dipersiapkan sama emak amatir ini, adalah mental setelah kelahiran bayi. Yang saya tau merawat bayi itu seneng-seneng aja dengan kelucuannya, nangis itu normal tinggal di nenenin dan ditidurin. Tapi kalau tiap 15 menit tidur udah bangun lagi terus nangis kenceng ga berenti-berenti kan stress juga.

Setelah melahirkan, baby Reiko IMD beberapa menit, karena udah keliatan bisa menghisap puting dengan bagus jadi baby Reiko diambil untuk perawatan baru lahir. Saya heran bayi ini diajarin dari mana ya? begitu nempel deket puting dia bisa nyedot dengan kuat walopun belum ada isinya, Masya Alloh ngeliatnya dia nyedot kayak kelaperan gitu, ternyata yang disedot baru kolostrumnya.

Setelah proses observasi lahiran yang makan waktu semaleman plus proses lahiran seharian, yang di nanti saya adalah tidur, istirahat panjang. Tapi harapan itu sirna, karena setelah lahiran ga tenaga seolah habis dan masih ada efek-efek trauma yang bikin susah tidur lelap, bisanya merem-merem sambil terbayang proses lahiran dengan efek tegangan induksinya. Pindah ke ruang rawat saudara-saudara banjir datang memberi selamat, seperti cerita di postingan sebelumnya saya cerita ke saudara-saudara dengan ngoceh ngoceh kayak lagi mabok, yang diliat di penglihatan samar-samar kayak lagi di alam mimpi tapi saya berusaha terus bicara cerita tentang proses lahiran. Setelah saudara-saudara pulang, saya coba tutup mata lagi masih seperti itu.

Sampai bayi datang untuk rooming-in, awalnya seneng-seneng aja liat bayi masih tidur, masih ga percaya kalau wajah dan bentuk itu yang selama ini berkembang di perut saya selama 38 minggu. Sampai bayi bangun emak amatir yang clueless tentang tangisan bayi ini rasanya pengen nyerah aja, tangisannya kenceng banget, coba di nenenin tenang sesaat terus ditidurin di box nangis lagi. Saya tau banget itu dia nyedot-nyedot nenen saya belum ada ASInya, masih cairan-cairan bening gitu, tapi dia nyedot bisa sampai sejam lebih. Akhirnya sekitar jam 3 dini hari saya nyerah karena kehabisan tenaga, walopun diliat suster tekanan darah saya normal, tapi kepala saya masih "dung deng" dan harus "gugurusukan" diatas kasur buat nenangin bayi tanpa inget jaitan itu bikin capeeek banget. Malam pertama dengan bayi suami saya masih tidur dengan cuek, saya juga ga tega banguninnya jadilah capek sendiri. Saya minta suster bawa ke ruang bayi aja, akhirnya saya bisa tidur sampai jam 6, dan jam 8 bayi datang selesai dimandiin dalam keadaan tidur dengan damai. Kalau siang tidurnya lama, tapi saya harus ngadepin tamu yang ga henti-henti datang, karena ruang VIP ga dibatas jumlah tamu dan ga dibatas jam jenguk jadi yang jenguk bebas datang. Kalau bayi bangun yang bisa dilakuin ya nenenin tapi mungkin ga kenyang-kenyang jadi rewel terus.

Malam selanjutnya suami lebih aware, di bahkan mau gendong buat nenangin bayi trus nyuruh saya tidur. Rooming-in memang program rumah sakit, disitu ibu harus langsung belajar mengurus bayi  seperti ganti popok, bersiin kotoran, menidurkan, nenenin dengan cara ditaruh di satu kamar, kecuali memandikan bayi, setiap jam 4 dini hari bayi diambil buat dimandikan dan kembali lagi jam 8 pagi. program rumah sakit lainnya yaitu ASIX atau ASI exclusive, bayi bisa bertahan tidak makan atau minum susu selama 3x24 jam, jadi walaupun ASI saya belum keluar rumah sakit tidak dengan mudah ngasih sufor untuk menenangkan bayi, efek sampingnya ya bayi rewel di satu kamar dengan ibunya dan ibunya bisa kena baby blues. Sebenenrya saya ga baby blues parah banget sih, cuma karena kurang istirahat rasanya ingin nitip bayi di orang sehariii ajaaa buat saya tidur dulu baru mau rawat lagi.Yang dipikiran saya ini rumah sakit jahat banget, saya kan abis melahirkan dengan observasi semaleman, asi saya belum keluar, ada luka jaitan juga, masih disuruh ngurus bayi.. mana yang tidur di rumah sakit cuma suami saya ga ada yang berjiwa keibuan lainnya. Tapi baru kerasanya sekarang, untung rumah sakit ga asal kasih sufor dan terus naro bayi sekamar buat di nenenin terus itu buat mancing ASI keluar.m

Berkali-kali saya bilang ASI saya belum lancar suster dan dokter ga ada yang nanggapin sebagai masalah besar, semuanya bilang "ada kok bu, terus aja nenenin, itu bayinya nyedot" bahkan ada dokter langsung mencet puting saya dan keluar lah si bening-bening sambil bilang "itu ada bu". Pernah juga di malam kedua saya ingin nitip bayi di ruang bayi untuk malam hari, susternya bilang harus ada stok ASI karena harus diminumkan 3 jam sekali, susternya menyarankan buat pompa ASI, pas saya coba yang keluar cuma cairan bening, saya bilang susternya "gimana ini sus, dipompa aja yang keluar buka susu, sedikit lagi airnya" sampai puting saya sakit di pompa dengan kekuatan maksimal susternya bilang "jangan diliat airnya tar kepikirannya dikit terus" akhirnya saya ga jadi nitipin bayi karena ga punya stok ASI dan drama ga tidur semaleman pun berlanjut lagi. Saya cuma bisa tidur dari jam bayi diambil untuk mandi sampai jam 6 pagi, karena setelah jam 6 saya susah tidur lagi.

Sampai di rumah, drama berlanjut lagi, bayi tidurnya cuma bertahan 15 menit dan bangun lagi, dan nangisnya itu kenceng banget dari rumah sakit sampai di rumah tangisannya masih sama kencengnya. Sampai saudara-saudara suami datang, bantu mandiin dan nenangin bayi, karena harus berhadapan dengan orang-orang saya masih belum bisa istirahat juga. Dan kalau siang emang susah tidur. Ga bisa tidur selama 5 hari, akhirnya saya terima kalau saya ga bisa tidur 4 jam, bisa tidur 2 jam aja alhamdulillah, dan coba cari selah-selah istirahatnya. ASI juga udah lancar berkat diurut emak emak paraji dan rajinnya MIL (Mother In Law) ngasih sayuran katuk, dan makanan-makanan booster ASI lainnya. Sekarang ASI malah banjir dan suka basahin baju. huehehe.

Well ya untuk anak kedua nanti mungkin saya bisa buat persiapan lebih matang (anak pertama belum sebulan udah mikir anak kedua aja). Alhamdulillah sekarang baby Reiko beratnya udah 3,2 kg dari 2,4kg, pipinya udah tembem, dan badannya udah berisi. Masih terus butuh semangat buat ngerawat bayi, sekarang ngerasanya masih pengen cepet gede aja bayinya, 3 bulan kek biar bisa diajak jalan-jalan, heuheuheu. Jam tidurnya masih variatif, pernah seharian bangun terus selama satu setengah jam sekali, semalem bangun sejam sekali, siang ini tidurnya agak lama yahh, masih butuh semangat buat saya nikmatinnya. Memang jadi ibu itu luar biasa ya.

No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...