Monday 2 November 2015

Baby (R) Led Weaning

Yak udah lama yaaa ga nulis nulis lagi, padahal banyak banget fase hidup R yang pengen di share disini, tapi ternyata niat buka laptop itu lamaaa banget munculnya karena perubahan fase itu, hihihi

So now i'm officially a full time mother housewife
Sudah ngikutin suami sejak sekitar sebulan yang lalu (huraaaayyy), tinggal di rumah bersusun kecil di bilangan Jakarta Pusat tapi cukup memudahkan si housewife ini buat nyapu sama ngepel, segitu-segitu aja soalnya, hehehe. Pas mulai pindah ini pas R awal-awal MPASI, si emak amatir yang suka galau ini ngelakuin uji coba trial-error buat ngasih makan R, karena tertarik sama metode BLW tapi khawatir juga takutberat badannya susah naik jadi mix sama konvensional atau spoon feeding (SF).

Awalnya karena masih pengenalan puree buah, R semangat-semangat aja makannya, seminggu pertama masih sekali sehari, sampe sekarang jadi 2 kali sehari, 3 kalinya kadang kadang. Sampai saya mau coba serelia (tepung gasol, oat, dll) R mulai pinter mingkem dan ngehindarin sendok, atau sendoknya diambil trus dijauhin atau dilempar atau di ketok ketok meja -,- pas sesi BLW dia lebih semangat ngambilin makanan di meja dan masuk masukin kemulut, suatu hari R mau dikasih bubur oat wortel pake kaldu, susah banget suapinnya, drama lah nih si emak emak amatir, lama lama ga mau pusing yauda kalo ga mau makan ga dikasih toh masih ASI ini biarlah suka suka dia. Saya makan di depannya nasi goreng bersama potongan tomat, ehhh dia penasaran pengen ngambil tomat, trus coba dikasi dimasukin juga tomat ke dalem mulutnya, dimakan dengan nikmatnya. Akhirnya dari situ saya mikir, fix deh ini anak BLW aja makannya, saya mulai browsing-browsing lagi ternyata banyak juga mommies di Indonesia yang nerapin BLW untuk anaknya. Saya coba resep resep makanan olahan yang bisa dimakan bayi dan apa aja list makanan yang bisa dimakan anak BLW.

Setelah memulai BLW lagi, hati rasanya tenang, tiap hari R makin pinter masukin makanan kemulutnya, saya cuma ngitung ngitung sisa sisa makanan yang jatuh tiap hari, sambil sapu sapu, kira-kira kemakan banyak ga makanannya.

Ga ada drama kapal masuk mulut manusia
Ga ada jalan jalan sambil makan
Ga ada acara makan sambil digendong
Ga ada bujuk rayu cuma untuk makan
Yang ada R makan dengan lahap di mejanya

Kadang saya tongkrongin makannya R, kalau dia tertarik sama suatu makanan tapi R susah makannya saya comotin trus suapin ke mulutnya udah bisa bergumam "mmmm ck ck" mengecap ngecap makanan yang dimakannya berarti enak :D itu pas makan jagung, R suka banget jagung tapi kasian ga bisa makan langsung jadi suka diolah lagi jadi baso jagung oatmeal atau selipin di perkedel nasi.

Kalau salah timing R suka manyun manyun karena keburu lapar jadilah saya angkat dan susuin, pernah dia pengennya makan ga mau nyusu tapi udah lapar berat saya buru buru bikin puree pepaya dan dia makannya lahap banget tapi sambil merem merem karena ngantuk berat, lucu banget liat ekspresinya waktu itu, hihihi akhirnya setelah dia puas makan tetep minta ASI juga, oke deh ASI selalu siap kapan aja :) Pernah juga R bangun kepagian saya kasih ASI ga mau jadi ga bisa tidur lagi, akhirnya saya taro di HC dan nyediain beberapa potong pear dan roti, ehhh saking ngantuknya R tidur di HC setelah kenyang gerogotin pear dan makan roti R tidur di HC tanpa suara rewel apapun.







 

No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...