Thursday 5 February 2015

Cloth Diaper Planning

Saya termasuk emak emak yang terpengaruh soal Cloth Diaper alias popok kain, saya termasuk emak emak yang peduli lingkungan, bahkan sebelum jadi emak-emak sih udah ada beberapa yang saya lakuin dikit-dikit untuk menjalankan program go-green. Kayak bikin buku dari kertas-kertas sisa dari buku yang dipake di bangku sekolah trus dipake lagi buat catetan pas kuliah, menggunakan lagi kertas printer yang belakangnya belum kena print, kertas yang udah kena print bolak balik saya pake buat meniriskan gorengan kalau goreng-goreng makanan, jadi kertas ga kepake sekali aja. Menggunakan kembali "keresek" alias kantong plastik yang dipunya, dan menolak pemakaian "keresek" kalau belanjaan masih bisa masuk tas atau kalau punya tas tambahan. Itu aja sih kayaknya belum mendalam dan banyak yang bisa saya lakuin, hehehe

Balik lagi ke Cloth Diaper, popok kain ini bukan cuma popok kain sehelai tipis yang dipakai newborn baby yang sekali pipis bisa basahin dari baju, spre dan perlaknya, tapi popok kain yang bisa menyerap dan daya tahannya hampir sama dengan popok sekali pakai. Lebih detilnya bisa googling aja dan banyaaak sekali informasi tentang Cloth Diaper, bentuknya mirip dengan pospak (popok sekali pakai) tapi terbuat dari beberapa lapisan kain dan modelnya lebih variatif dan lucu-lucu. Mempelajari cloth diapering baby udah kayak mata kuliah khusus, saya buka forum-forum, baca info penjual, dan merk-merk clodi (Cloth Diaper) lokal yang berkualitas yang harganya terjangkau, baca review-review dari emak-emak blogger lainnya, dan ternyata sudah banyak sekali ibu-ibu hebat yang mau konsen ke lingkungan. Dan ternyata working mom juga banyak loh yang udah pake Cloth Diaper ini, mereka mengorbankan sedikit waktu dan tenaga lebih nambah cucian dan mempelajari lebih soal Clodi. Saya yang masih nganggur jadi semangat cari-cari info terus seputar Clodi.

Dan ini rencana saya untuk  newborn Clodi ke dedek


Belanja Clodi Online
 Saya beli dikit-dikit dengan macam-macam jenis buat trial error, dan nyari mana yang paling pas dan enak buat dedek, dan mungkin akan berubah-ubah cara pemakaiannya seiring bertumbuhnya badan dedek. hehehe. 
Beli di salah satu online store yang dipercaya distributor langsung dan terkenal dengan fast respon nya, tapi saya malah dapet pengalaman ga enaknya, bener sih fast respon dan barangnya cepat sampai,apalagi lagi event discount 15%. Tapi terjadi beberapa human error dan system error yang ngebuat saya harus kirim balik barang-barang yang double order, padahal saya bayar setengahnya, dan lagi ada yang lupa insert yang lupa kekirim, belum dikirim sampe saya kasih bukti pengiriman balik baru dia percaya mau kirim insert yang ketinggalan, saya minta aja penggantian kirim baliknya. Mana awalnya dia salah input alamat buat pembayaran ekspedisi, agak ngerepotin lah. Kalau saya ga jujur sih saya ambil aja itu semua yang double order, dan ga akan saya hubungi lagi tokonya (evil face), tapiii yaaa takut ama dosa juga. hahaha. Mungkin ini efek event discount 15% yaa, jadi sistem dan orangnya bisa error gara-gara kebanyakan yang order. Berikut barang yang saya beli:

1. Alas Ompol Baby Oz 1 lusin (65rb, Disc. 15%)

Kenapa ga Renata? karena lebih murah, hahaha. Dan katanya daya serapnya ga jauh beda kok, kalo kemampuan sama kenapa harganya bisa jauh ya.. huhuhu. Maunya beli setengah lusin AOR (Alas Ompol Renata) dan setengahnya lagi Baby Oz tapi di OLshop itu ga bisa beli setengah lusin, dan saya males beli dari beda-beda tempat, ongkirnya cyiiinn...  Katanya alas ompol ini adalah kain serap, jadi nanti ditaro buat alasin dedek biar kalo pipis diserep dulu sama AO ini, manfaat lainnya AO ini bisa dijadiin insert clodi juga nantinya, yang pasti bakal kepake terus ampe ancur dan ga akan percuma kayaknya beli kain ini. hehehe.

2. Prefold 6 pcs (BW 30rbx2, CP 19rbx2, Disc. 15%)

Jadi di luar negri sana yang sejak jaman dahulu kala katanya baby newborn dipakein prefold, banyak macemnya dan banyak jenis kainnya caranya di lipet lipet ampe jadi bentuk popok trus di rekatkan pake snappi. Dan sejauh saya cari-cari info, ada dua merk yang sering disebut sebut untuk prefold ini, Bumwear dan Cilipopo, saya beli  4 merk Bumwear dan 2 merk Cilipopo, dari ukurannya sih emang kayaknya bakal fit untuk newborn yaa, dan nantinya kalo udah ga muat lagi buat dilipet-lipet ke babynya bisa dijadiin insert Clodi juga, so kain ini pasti bakal terus kepake selama saya masih ngegunain Clodi buat dedek.

3. Cloth Diaper 3 pcs (all Disc. 15%)

Saya 3 Clodi dengan merk berbeda, Cluebebe Coveria Petit (75rb), Bebibum (78rb), dan GG lil g (69rb). Tiga tiganya model cover yang katanya lebih mudah, karena kalau baby cuma pee dan ga ngotorin covernya kita tinggal ganti insertnya. Saya ga tau Clodi cover ini akan mulai dipakaikan ke dedek diumur berapa bulan, saya bakal coba-coba  terus sampe keliatan fit aja di dedek.

4. Liner 10 pcs (35rb Disc. 15%)

Liner ini berfungsi sebagai lapisan paling atas, yang langsung nempel ke kulit bayi. Bahannya lembuut banget dan tipis, katanya kalau babynya pup liner ini gampang dibersiinnya dibanding harus bersiin insert atau prefold langsung.

5. Detergent Clodi Ansav (35rb Disc. 15%)

Katanya ini detergent khusus yang ga akan munculin residu karena tanpa pewangi dan pelembut di dalemnya, aman buat Clodi dan insertnya. Karena katanya lama-lama insert clodi itu daya serapnya bisa menurun seiring seringnya dicuci-pakai, karena menumpuknya residu detergent biasa yang punya zat-zat tertentu yang sulit diuraikan dengan air.

6. Breastpad Baby Oz (30rb Disc. 15%)

Ini sih ga da hubungannya sama per-Clodi-an ya, hehehe. Sekalian beli aja buat momynya dedek. Beli yang bisa dicuci lagi biar irit.

5. Snappi (2x39rb Disc. 15%)

Alat perekat prefold, bentuknya tali kecil gitu ada yang tajem kayak garpu kecil buat nyangkutin ke prefold yang punya banyak serat. Saya masih ga yakin sih ini bakal safe atau kenceng atau ga dipasang buat dedek, jadi saya punya alternatif lain buat masangin prefold dan popok kain biasa yang udah dijaitin mama mertua buat dedek, rencananya seperti di bawah:

Popok kain yang dijaitin mama mertua

Simpan prefold sebagai kain serap diatas popok kain


Lipat sesuai lebar pinggang bayi dan taruh liner diatasnya 


Lipat sesuai ukuran tubuh bayi dan ikat dengan tali popok

Review beginian, dan jadi pengen cepet ketemu sama dedeknyaaaaa, sekitar 2 bulan lagi yaaa.. doakan semoga lancar yaa launching dedeknyaa, ada aja pikiran-pikiran negatif yang nyangkut nih. Takut tiba-tiba harus sesar, takut emaknya ga kuat lahirin, takut dedeknya kenapa-kenapa, huhaaahh buang jauh-jauh lah harusnya semua pikiran negatif itu.  Bismillah ya dek, kita kerja sama pas launching yaaa^^ (talktomyself)

No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...