Thursday 8 January 2015

Bumil Anti Bau Rokok!!


Sebelum hamil, walaupun saya ga begitu suka, tapi saya masih bisa mentolerir orang-orang yang merokok sembarangan, alias merokok di tempat umum. Di angkot, di tempat makan, di tempat terbuka, di acara umum seperti bazaar, dll. Kadang malah kita ga terlalu notice sama bau racun tersebut.

Tapi semenjak hamil, dan tau efek asap rokok itu buruk bagi bayi, saya jadi lebih sewot. Setiap ada bau asap rokok semeliwir dikit aja saya langsung celingukan heboh, mencari si tersangka perokok, saya jadi tau dimana biasanya menemukan orang yang dengan santainya merokok, dan paling sering itu di tempat makan, yang paling aman itu cuma di resto yang ada disedain tempat khusus "no smoking". Dan semenjak hamil saya semakin berani memprotes perokok-perokok tersebut, saya pindah meja makan untuk ngejauhin perokok sambil tutup idung, kalau ga bisa pindah yang makan sambil tutup idung. Dan memang bau rokok itu kalau kecium rasanya bener-bener masuk ke otak dan bikin pusing, plus nafsu makan jadi berkurang.

Bahkan dari jarak 10 meterpun, kalau di tempat terbuka bau asap rokok bisa sampai ke hidung saya, apalagi kalau anginnya ke arah saya. Karena kehamilan ini saya bersyukur bangeet suami saya bukan perokok, jadi ga capek buat protes soal rokok. Cuma kadang suami saya yang biasa aja sama bau rokok, suka ga ngeh kalau saya lagi sibuk cari udara lain yang ga ada bau rokoknya kalau di tempat umum yang ada perokoknya.

Saya jadi inget waktu saya masih kerja,di perusahaan saya dulu ada beberapa karyawan asing dari Korea, diantara banyaknya orang Korea yang merokok dan minum-minuman beralkohol ada beberapa yang tidak suka dengan itu, waktu ditanya salah satu rekan kerja saya dari Korea tersbeut bilang kalau sebelumnya dia memang merokok, tapi berhenti semenjak istrinya hamil. Hal itu terdengar so sweet, dan sampai sekarang dia sama sekali ga curi-curi merokok sendiri walaupun tinggal beda kota dengan istrinya. Sama seperti cerita Presedir perusahaan saya yang juga orang Korea, dia juga sangat menyarankan karyawan untuk tidak merokok, dan memang ada larangan merokok di kantor, merokok hanya di perbolehkan di tempat tertentu.

No comments:

Post a Comment

Penyakit Gondongan yang sedang merebak

Wow, it's been very long time ago since the last post . Baru aja cek apa aku bisa masuk ke blog ini lagi? ternyata bisa moms ! hihihi. S...